Jika ditanya soal kiat ampuh untuk mengahdapi UJIAN NASIONAL jawaban yang paling tepat ya belajar,bukan kirim sms atau broadcast lewat bbm yg isinya suruh ngirim doa yang membuat takut ,jika tidak dikirim ke 10 orang nanti tidak lulus,hadeh jangan percaya semua itu ,berdoa sih berdoa jika kita tidak berusaha untuk belajar ya sama aja hasilnya.

Sebelum kita melanjutkan topik kita masalah KIAT AMPUH MENGHADAPI UJIAN NASIONAL saya akan sesuatu yang mungkin muncul di benak kita ,apa itu?? Yaitu tentang asumsi negatif yang beranggapan ujian nasional itu menakutkan?? Benarkah??
Sebenarnya asumsi tersebut salah BESAR, jangan pikirkan asumsi negative tersebut, ujian nasional bukanlah sebuah ketakutan bagi siswa dan bukanlah momok yang menakutkan, memang ada beberapa yang mempercayai tentang asumsi ini ,sehingga membuat dirinya semakin ketakutan dan frustrasi sehingga selalu berfikir UN adalah sebuah akhir dan bencana .

septian-2

Maka dari itu kita harus mempersiapkan segalanya mulai dari hal yang paling terkecil, agar memperoleh hasil yang maksimal saat menghadapi UN nanti , berhasil atau tidaknya semua itu tergantung dari kemauan kita , jika kita ingin berhasil pasti kita berfikir positif ,berusaha memberikan yang terbaik dan beranggapan UN bukanlah sebuah bencana atau halangan besar ,UN hanyalah lubang kecil yang harus kita loncati untuk menuju kesuksesan atau kejenjang yang lebih tinggi ,percayalah!!

Berikut adalah KIAT AMPUH MENGHADAPI UJIAN NASIONAL yang akan saya terapkan,tapi sekali lagi setiap orang berbeda-beda dalam cara maupun usaha dan berbeda pikiran, intinya kita harus percaya diri dalam menghadapinya ,jika semua persiapan sudah di persiapkan secara matang maka rasa percaya diri akan tumbuh dalam diri kita .

1.JAGA KESEHATAN DAN KONDISI BADAN
Ini sangatlah perlu saat kita sebentar lagi akan menghadapi UN, bagaimana jika kita saat hari H kita jatuh sakit ,atau kondisi badan kuarang fit ,maka pelangsanaan UN akan terganggu ,semua yang kita persiapkan akan sia-sia ,maka dari itu jaga kesehatan tubuh kita ,sering olahraga dan makan-makanan yang bergizi dan jangan lupa minum susu.
septian-3.png

2.KURANGI KEGIATAN DI LUAR

Mungkin kita sebagai anak muda zaman sekarang tidak lepas dengan kegiatan-kegiatan di luar ,missal nongkrong denagn kawan-kawan sampai larut malam sehingga membuat waktu yang kurang sebentar menuju UN ini tidak digunakan untuk belajar dengan maksimal ,terkadang kita juga cepat lelah saat belajar karena tenaga dan pikiran telah habis untuk kegiatan di luar. sebenarnya kegitan di luar itu boleh-saja,tapi lebih baik yang berlebihan di kurangi agar kita dapat menggunakan waktu kita untuk belajar dan mempersiapkan UN dengan matang.ingatlah waktu terus berjalan KELULUSAN DI DEPAN MATA GUNAKAN WAKTUMU SEBAIK MUNGKIN!!!

septian-4jpg

3.PELAJARI SOAL-SOAL BERHUBUNGAN DENGAN UN

Dari dulu samapai sekarang soal-soal ujian tidak pernah jauh berbeda pasti ada kesamaan ,memang mungkin berbeda kata-katanya tapi konsep dari soal tersebut pasti sama ,maka dari itu kita pelajari soal tersebut dengan banyak berlatih mengerjakan.
Luangkan waktumu setiap istirahat keperpustakaan untuk sekedar membaca atau memahami soal-soal ujian tahun lalu ,atau meminjamnya untuk di pelajari di rumah ,atau meminta guru mata pelajaran untuk membahasnya di kelas.

septian-5

4.BELAJAR KELOMPOK BERSAMA-SAMA

Mungkin ada beberapa dari kita lebih suka belajar bersama dengan teman yang mungkin bisa dijadikan sarana bertanya saat kita kesuliatan mengerjakan suatu latihan soal. tapi banyak dari kita yang niatnya belajar bersama malah cerita hal yang lain atau bersenda gurau , jika itu terus terjadi lebih baik kita jangan terlalu sering belajar bersama, tapi menurut saya belajar bersama adalah efektif karena bisa untuk sarana bertukar fikiran satu sama lain.

septian-6

5.BELAJAR MENCIPTAKN SUASANA RASA SENANG

Belajar dengan hati senang akan membuat kita mudah memahami dan mengingat di memori otak kita ,bagaimana saat hati kita sedang tidak senang atau mungkin sedang galau?? Maka dari itu kita ciptakan rasa yang senag saat belajar agar kita tidak bosan , missal belajar sambil jalan-jalan tapi harus di imbangi ,pokoknya harus menciptakan varian sendiri dalam belajar ,agar muncul rasa senang dan tidak bosan. Jika kita belajar tidak bisa masuk-masuk karena galau, berusahalah sebisa mungkin mencari hiburan terlebih dahulu,dan jangan terlalu memikirkan kegalauan dengan terlalu lama merenung TIADA GUNANYA

 septian-7

6.BERDOA DAN MINTA DOA RESTU ORANG TUA
Salah satu doa yang paling mujarab adalah doa orang tua kepada anaknya ,maka dari itu kita harus memohon doa restu kepada orang tua kita agar kita di doakan dan mendapatkan rahmat serta percaya diri saat mengerjakan soal ujian nasional .dan yang pasti jangan kecewakan orang tua karna harapan mereka tidak lain dan tidak bukan hanyalah melihat anaknya sukses melebihi mereka ,karna suksesnya seorang anak adalah suksesnya orang tua.

7.PERCAYA DIRI
Kenapa saya dari tadi bicara tentang PERCAYA DIRI,karena ini sangatlah penting ini adalah kunci yang paling penting saat kita menghadapi ujian nasional ,percaya bahwa kita bisa ,percaya bahwa kita mampu ,dan percaya bahwa yang kita kerjakan adalah benar. apalagi pada ujian nasional tahun 2014 ini ada 20 paket soal yang memungkinkan kita tidak bisa bertanya pada teman ,jadi percaya diri itu sangatlah perlu kawan.

8.PERSIAPAN TERAKHIR SAAT UN
Berikut adalah persiapan terakhir yang harus kita persiapkan untuk lebih mematangkan persiapan sebelumnya :
- Berdoa sebelum berangkat,jangan lupa sarapan terlebih dahulu.
- Mencium tangan kedua orang tua kita.
- Setelah sampai di sekolah luangkan waktu untuk membuka latihan soal yg sebelumnya sudah di pelajari .
- Saat UN tetap tenang dan percaya diri.
- Pakailah baju yang rapi.

 septian-8

Terimakasih saya kira itu artikel yang bisa saya buat dengan tema strategi menghadapi ujian nasional dengan judul KIAT AMPUH MENGHADAPI UJIAN NASIONAL ,semua yang kita lakukan atau usaha yang kita lakukan tidak lepas dari ridha ALLAH SWT ,percaya dan tawakkal maka ALLAH SWT akan mempermudah semuanya ,dan apabila ada kesalahan dalam penulisan kata ataupun ada kata-kata yang tidak berkenan saya mohon maaf.

OLEH : SEPTIAN INDRA PRASETYO (XII TKJ 1)

 

Tags: ,